Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Colocation Server?

Pasti ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui beberapa istilah yang ada di bidang teknologi informasi atau TI karena sejatinya dalam bidang ini banyak sekali istilah-istilah, seperti server, hosting, data center, cloud computing, sampai colocation cbtp. Nah, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai colocation atau lebih tepatnya colocation server. Kamu sendiri sudah tahu apa itu colocation server? Kalau belum, mari kita simak apa itu colocation server dan keuntungan dari menggunakannya.

Colocation sendiri memiliki arti tempat (rack) yang berguna untuk menempatkan atau meletakkan server dalam sebuah data center. Nah, data center ini merupakan miliki third party (pihak ketiga) yang tidak dikelola sendiri. Salah satu bentuk layanan dari third party ini adalah IaaS. Waduh, apalagi itu? Seperti kalimat sebelumnya, IaaS atau Infrastructure as a Service merupakan bentuk layanan dari third party yang berupa “persewaa” infrastruktur TI, namun terbatas pada hal-hal tertentu, seperti storage, network, memory, bandwith, RAM, dan juga konfigurasi lainnya. Pada dassarnya, colocation ini menggunakan jasa layanan dari pihak third party untuk mengurus system serta perawatan hardware server.

Lalu, adakah keuntungan dari menggunakan layanan ini? Tentu. Salah satu keuntungannya adalah kamu jadi lebih cepat menerima report atau laporan kerusakan lainnya secara sedini mungkin, sehingga kamu dapat segera menyiapkan rencana cadangan atau hardware pengganti untuk server yang rusak tersebut. Hal ini akan membuat kemungkinan down time semakin kecil atau bisa diminimalisir.

Apa keuntungan lainnya?

1. Lebih hemat biaya. Biaya yang dikeluarkan hanya seperlu mendapat bandwith tingggi didapati jauh lebih hemat. Terutama bila dibanding dengan membuat sendiri.
2. Teknologi dan sistem terstruktur. Jasa colocation profesional memiliki teknologi dan sistem yang terstruktur, hal ini termasuk dengan yang berkaitan dengan pemadaman. Sehingga pihak penyedia jasa akan membayar pembangkit listrik supaya server perusahaan yang dititipkan tetap aman teraga. Hal ini jelas akan lebih merepotkan bila harus dilakukan sendiri.
3. Keamanan terjamin. Tentu saja yang terpenting adalah keamanan yang terjamin karena pihak pengelola Colocation Indonesia hadir dengan jaminan keamanan tinggi.
4. Tidak perlu repot upgrade sistem server. Pihak perusahaan tidak perlu repot mengupgrade sistem server. Pasalnya hal tersebut sudah dilakukan dan menjadi tanggung jawab pihak pengelola.
5. Server 24 jam non stop.

Nah, itu adalah sebagian dari keuntungan menggunakan colocation server. Sekarang kamu sudah tidak perlu ragu lagi menggunakan colocation server, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *